Cara Membuat Yogurt mudah dan praktis di mulai dari SOP pembuatan

Cara Membuat Yogurt mudah dan praktis di mulai dari SOP pembuatan
higienis tempat produksi

Yoghurt adalah produk dairy atau produk yang di hasilkan dari hasil ternak.
Ternak di sini adalah susu yang di hasilkan dari hasil ternak, sapi, kambing atau kerbau. Tapi kebanyakan yogurt itu berasal dari susu sapi atau kambing...

Tapi tidak semua yogurt di hasilkan dari susu hewani sih, ada juga yang dari susu nabati, seperti susu kedelai, susu almond, dan lain lain.

Saya akan sedikit share usaha yogurt berasal dari susu hewani.

Peluang usaha yogurt itu sangat menjanjikan di indonesia, karena sekarang yogurt merupakan makanan/minuman yang sangat di butuhkan untuk di konsumsi masyarakat indonesia, karena di lihat dari manfaat yogurt itu sendiri (mengandung probiotik).
Akan tetapi bila kita sebagai pelaku usaha pembuat yogurt, tentu harus mengerti dengan bahaya pengolahan yang di sebabkan dari salah produksi. Bila kita salah produksi maka akan menyebabkan keracunan dari bahaya laktos tinggi yg terkandung dalam susu.


  1. Faktor personal higienis sangat berperan penting di sini, supaya yogurt yang kita hasilkan tidak tercemar bakteri patogen dan kapang, yang bisa menyebabkan keracunan/penyakit kepada si pengkonsumsi produk yogurt yang kita hasilkan. Sebelum produksi pegawai di wajibkan mencuci tangan atau men sterilkan tangan dengan alkohol atau cairan sanitizer, dan pakai alat sesuai standar produksi, seperti gloves, tutup mulut, tutup rambut, dll
  2. Sterilisasi alat juga berperan sangat dominan agar tidak terjadi kesalahan produksi. Alat-alat / wadah yang berhubungan langsung dengan produk yogurt, sebaiknya di sterilkan terlebih dahulu sebelum kita pergunakan. Agar Produk yg kita hasilkan bisa bebas patogen dan kapang.